[Beauty Tips] My Weekly Hair dan Body Treatment

Ini postingan pertama yang akan bahas tentang tips kecantikan.. Saya bukan beuty blogger lho.. Cuma amatir yang pengen berbagi aja.. Semoga bisa bermanfaat buat temen-temen pembaca..

Setiap wanita sudah dilahirkan cantik dari sananya.. Iya lah, masa ganteng.. Dan cantik yang udah dianugerahkan itu tetep harus dijaga dong.. Salon-salon di seluruh penjuru negeri udah banyak banget menyediakan jasa treatment, head to toe.. Mulai dari ujung rambut, hair, facial, dan body treatment.. Sampai ke ujung kuku dengan manicure dan pedicure.. Kalau mau makin kece lagi, ada yang namanya make up.. Tapi kali ini saya nggak akan bahas sampai kesitu..

Sebagai manusia biasa, saya pasti suka dong kalo badan dimanjain dengan perawatan ini itu.. Apalagi bisa bikin cantik sehat.. Tapi saya malas kalo harus sering-sering ke salon.. Sekalinya saya ke salon itu paling cuma buat potong rambut sekaligus creambath.. Paling setahun cuma 2-3 kali.. Hahahaha :p
Terus gimana dong perawatannya? 
Saya lebih suka melakukannya sendiri di rumah.. Biasanya disempet-sempetin tiap weekend.. Dan ini yang akan saya share ke temen-temen semua.. Apa aja sih perawatan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah kost..

1. Hair Treatment
    Sebelum saya jelasin step by step nya.. Let me tell you about my hair.. Rambut saya ini seakan berubah dari masa ke masa.. Yang nggak berubah adalah lurusnya.. Dulu rambut saya tipis banget, udah gitu warnanya coklat kemerahan.. Kaya anak-anak yang sering main layangan (tapi serius saya nggak pernah main layangan).. Bahkan dulu suka dibilang kaya bule gara-gara rambut merah dan lebih suka makan roti ketimbang nasi.. Saya juga nggak pernah ngecat rambut.. Pas masa-masa SMP-SMA gitu rambut saya gampang ketombean dan bercabang parah.. Alhasil rambut ini makin merah.. Akhirnya kelas 3 SMA saya memutuskan untuk potong rambut dan malah kependekan (sumpah sedih banget).. Fyi, dari kecil sampai 3 SMA saya berambut panjang, karena sempet jadi penari.. Setelah tragedi potong rambut kependekan ini mulai terjadi banyak perubahan.. Pertama, yang pasti rambut bercabang udah ilang.. Kedua, rambut saya jadi sedikit lebih ngembang.. Mulai masuk kuliah, saya memutuskan memakai jilbab.. Setelah rambut udah panjang lagi (nggak mau lagi punya rambut pendek), Alhamdulillah udah nggak bercabang parah juga.. Ada sih kalo cuma satu-dua.. Tapi perlahan-lahan abis juga.. Dan warna rambut juga jadi lebih gelap.. Karena udah nggak kena sinar matahari langsung kali yaa.. Hehehe Makin kesini makin cinta deh sama rambut saya.. Masalahnya sekarang cuma satu, rontok..

Dan ini macem-macem perawatan rambut sebagai bentuk kecintaan sama rambut saya *kibaskerudung*
a. Sebelum keramas
Ada yang tau minyak cem-ceman? Dulu saya pakai Minyak Cem-ceman Mustika Ratu sebelum keramas.. Gunanya adalah untuk menguatkan akar rambut biar nggak gampang rontok, mempertahankan kilau hitam rambut.. Saya suka baunya sih.. Tapi namanya juga minyak, teksturnya terlalu lengket buat rambut saya yang nggak kering.. Akhirnya saya beralih ke Viva Hair Tonic Gingseng.. Manfaatnya kurang lebih sama, tapi dia lebih concern ke mengatasi rambut rontoknya.. Hair tonic sebenarnya dipakai setelah keramas atau saat rambut kering.. Tapi kalo saya pakai pas rambut kering, malah jadi lepek.. Akhirnya saya sebelum keramas aja.. Dan bentuknya yang cair ini saya suka banget karena nggak terasa lengket.. Aromanya juga enak kok..
Cara pakainya cukup diteteskan langsung ke kulit kepala sambil dipijat-pijat sampai meresap dan didiamkan.. Biasanya saya agak lama dieminnya, sambil ditinggal ngerjain perawatan yang lain..
Viva Hair Tonic Gingseng

b. Keramas
Yang ini udah biasa lah ya, dan nggak cuma seminggu sekali dilakuinnya.. Bahkan saya harus keramas tiap hari.. Kenapa? Ya karena udah kebiasaan aja sih.. Produk yang saya gunakan saat ini adalah Sunsilk Hair Fall Solution Shampoo beserta conditionernya.. Saya dari dulu pakai shampoo dari Sunsilk terus sih, cuma variannya aja yang gonta-ganti.. Tapi karena sekarang lagi konsen sama ngurangin kerontokan rambut, jadilah milih pakai rangkaian Hair Fall Solution ini.. Dan hasilnya cukup memuaskan.. Rambut rontok saya berkurang banyak..
Sunsilk Hair Fall Solution Shampoo and Conditioner

c. Setelah keramas
Ellips Hair Mask dan Hair Vitamin ini saya gunakan 1 minggu sekali.. Masker rambut ini gunanya adalah untuk menutrisi sampai ke dalam batang rambut.. Kalo soal variannya saya pakai yang mana aja sih.. Itu yang di foto adalah varian Hair Treatment.. Kebetulan terakhir beli yang itu.. Untuk varian lain dan manfaatnya silakan cek disini..  Cara pakainya, tuangkan ke telapak tangan secukupnya rambut kita aja, kemudian oleskan ke seluruh rambut sambil dipijat-pijat.. Diamkan beberapa menit kemudian bilas.. Setelah rambut setengah kering, saya lanjutkan pakai Ellips Hair Vitamin ke batang rambut, jangan sampai ke kulit kepala dan tidak perlu dibilas.. Manfaatnya jelas untuk memberikan nutrisi ekstra buat rambut.. Varian yang saya pakai adalah yang Hair Vitality karena selain mengandung vitamin juga diperkaya dengan gingseng dan honey oil.. Cocok untuk rambut yang mudah rontok dan patah.. Cek varian lainnya disini..
Ellips Hair Mask and Hair Vitamin

2. Body Treatment
    Ini sebenernya step paling simple tapi paling capek.. Kenapa? Karena luas permukaannya paling luas (apasih?!) Hahaha.. Pertama, saya pakai Minyak Zaitun dari Mustika Ratu (maaf lupa difoto).. Suka banget deh pakai minyak zaitun ini buat pijat cantik.. Selain aromanya yang menenangkan (mengandung Aromatic Essential Rose dan Jasmine Oil, jadi enak banget wanginya), juga sukses bikin kulit kita lembut dan lembab.. Licin-licin glowing gimana gitu.. Oiya, minyak zaitu sudah dikenal sebagai bahan alami yang kaya manfaat di dunia kesehatan dan kecantikan.. Kalau mau tau, googling aja manfaat minyak zaitun, banyak banget deh disitu.. Diantaranya adalah bagus buat rambut dan wajah.. Sayangnya, rambut dan wajah saya ini sudah berminyak, jadi jelas nggak cocok.. Tapi untuk badan ini oke banget.. Caranya usapkan secara merata di tangan, kaki dan seluruh badan sambil dipijat, dan digunakan sebelum memakai lulur.. 

Step selanjutnya, sudah pasti lulur mandi.. Saya pakai Lulur Mandi Green Tea dari Purbasari yang ada gambar putri rajanya.. Purbasari ini udah ternama banget lah ya lulur mandinya.. Kenapa saya pilih varian green tea? Karena saya pecinta green tea.. Hahahaha *jawaban mengecewakan* Green tea disini berfungsi sebagai anti oksidan yang membantu regenerasi sel kulit.. Ada whitening dan vitamin E nya juga.. Jadi bikin sehat dan cantik kaan.. Lulur ini jenisnya adalah body scrub.. Butiran scrubnya bisa banget mengangkat sel-sel kulit mati yang bikin kasar itu.. Aromanya green teanya juga wangi, tapi sayang nggak kaya green tea latte.. Pasti enak deh.. Eh
Purbasari Lulur Mandi Green Tea

Setelah pakai lulur, lanjut mandi seperti biasa.. Lulur Purbasari ini bisa dipakai sebagai pengganti sabun mandi.. Tapi kalo saya sih habis bilas masih pakai sabun mandi lagi.. Karena belum mandi kalau belum pakai sabun.. Hehehehe.. Setelah mandi saya pakai Natur-E Daily Nourishing Lotion.. Namanya Natur-E pasti kandungan utamanya adalah vitamin E, ditambah dengan minyak biji delima yang yang bermanfaat sebagai anti oksidan.. Selain itu ada UV A + UV B protectionnya juga.. Teksturnya juga mudah diserap kulit jadi nggak terasa lengket.. Untuk sehari-hari saya sih pakai lotion ini aja.. Tapi kalo kira-kira bakalan terpapar matahari langsung dan cukup lama seperti ada kerja di lapangan, jalan-jalan atau mau "mantai" saya pakai ekstra sunscreen dengan Vaseline Healthy Sunblock SPF 30.. Lumayan buat memperlambat kegosongan kulit.. Cuma yang saya nggak suka dari sunblock ini adalah terasa lengket pas dipakai.. Padahal di kemasannya tertulis non-sticky formulation.. :(
Natur-E Daily Nourishing Lotion

Dari mulai pemakaian minyak zaitun sampai lulur mandi di atas saya lakukan 1 minggu sekali (biasanya weekend).. Tapi mandi dan pakai lotionnya itu 2 kali sehari yaaa.. Jangan cuma seminggu sekali.. :P

Waaaaa.. Baru perawatan rambut dan badan aja udah panjang banget.. Ribetnya wanitaaaa.. 
Masih ada satu lagi perawatan wajib, yaitu facial treatment.. Akan saya bahas di post terpisah aja yaa.. :*

3 comments: